Rabu, 23 Desember 2015

Pengembangan Permainan Komputer Anak Usia Dini


Dunia anak adalah bermain, karena bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Bermain juga merupakan tuntutan dan kebutuhan bagi anak usia Taman Kanak-kanak (TK). Dengan bermain anak dapat memuaskan tuntutan dan kebutuhan perkembangan anak dalam dimensi motorik kognitif, kreativitas, bahasa, emosi, nilai sosial dan sikap hidup. Bermain dapat membawa harapan dan ambisi tentang dunia yang memberikan dan memungkinkan anak berkhayal seperti sesuatu atau seseorang. Melalui bermain anak akan belajar mengendalikan diri sendiri, memahami kehidupan, memahami dunianya. Jadi bermainmerupakan cermin perkembangan anak.

Dalam era globalisasi seperti saat ini, komputer telah menjadi bagian hidup dari masyarakat, tidak hanya orang dewasa, tetapi juga bagi anak-anak. Sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak dengan memanfaatkan permainan edukatif yang dapat diinstal di komputer.


Menurut Isenberg dan Jacobe dalam Suratno (2005), alat permainan yang optimal adalah alat permainan yang mampu merangsang dan menarik minat anak, sekaligus mampu mengembangkan berbagai jenis kemampuan anak dan tidak membatasi hanya pada satu aktivitas tertentu saja atau yang disebut sebagai "open-ended plaything".

Dalam dunia pendidikan, khususnya untuk anak usia dini, komputer sangat membantu sebagai media pembelajaran, alat uji dan alat peraga dalam proses belajar mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun dalam penggunaan Komputer di PAUD tetap memerlukan peran pengajar / guru agar anak dapat berinteraksi dengan komputer sesuai dengan kebutuhannya.

       Keuntungan belajar komputer sejak dini bagi anak diantaranya:
1.   Meningkatkan perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan kesalahan, memperbaiki, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan lebih percaya diri.

2. Meningkatkan keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan, anak yang menggunakan komputer memiliki performa akademis lebih baik.

3.      Menstimulasi kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer, walau sederhana akan terasa menantang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program hanyalah imajinasinya sendiri.

       Beberapa Contoh Software Permainan Untuk Anak Usia Dini :

1.      Cerdas
      Program Pembelajaran Anak CERDAS (cermat, rajin, & asik) adalah salah satu program buatan lokal yang cukup komplit untuk edukasi anak usia dini. Program yang di buat menggunakan Macromedia Director ini meliputi pembelajaran Membaca, Menggambar, Mengitung dan Game Cerdas. Berikut adalah tampilan awal program pembelajaran anak cerdas : 
Isi dari program ini antara lain :
      a.     Mengenal huruf A – Z , huruf kapital & kecil, beserta video cara penulisanb.      Mengenal Angka 1 – 20c.       Mengenal Nama hewan & benda sekitard.      Mengenal Suara hewan sekitare.       Menggambar unikf.       Belajar menghitung gambarg.      Kuis berhitung & Kuis menebak suara hewanh.      Game Puzzle
2.      Childsplay
      Childsplay adalah kumpulan aktivitas pendidikan untuk anak-anak dan berjalan pada Windows, OSX, dan Linux. Childsplay dapat digunakan di rumah, taman kanak-kanak dan pra-sekolah.Childsplay menyenangkan dan menyediakan cara untuk membiarkan anak-anak menggunakan komputer dan pada saat yang sama mengajari mereka sedikit matematika, huruf dari Abjad, ejaan, koordinasi mata-tangan dll. Childsplay adalah bagian dari proyek schoolsplay.org.      Permainan chidsplaay terdiri dari berbagai pilihan permainan yang dirancang untuk anak usia dini.
      a.       Mengenal suara binatang
b.      Menyusun puzzle sederhana
c.       Bermain bilyard sederhana
d.      Mengenal angka dan operasi dalam matematika
e.       Mengelompokan suara yang sama

     3.  Fitur Permainan Komputer Drawing For Children
    Karena dikhususkan untuk anak-anak, program ini tidak perlu membaca panduannya untuk memainkan atau mempelajarinya. Anak-anak cukup diberikan contoh bagaimana memilih menu dan menarik gambar masuk ke area gambar dalam software ini yang telah disediakan. 
     Cara terbaik untuk membuat anak atau murid cepat menguasaia software ini adalah dengan mencoba menggunakan semua tombol yang ada di dalamnya. Dengan tombol yang simple sesuai dengan gambar yang ada di tombol tersebut benar-benar membuat sangat mudah di mainkan. 
     Fitur permainan komputer drawing for children memuat tombol yang sangat umum biasa anak-anak lihat, seperti menggambar garis, lingkaran, kotak, persegi panjang dan lain sebagainya. Selain itu terdapat juga gambar jalan raya, jalan kereta api, lampu lalu lintas, rumput, balon dan masih banyak lagi yang dapat ditemukan dalam program ini.   Ada banyak pilihan menggambar menggunakan pena berbeda dan banyak jenisnya, perangko, cliparts, latar belakang, dan efek khusus. Program komputer ini memiliki fitur sangat lengkap untuk anak-anak. 
     Selain itu anak atau murid Anda akan di manjakan dengan cara kerja permainan ini dengan sistem drag and drop atau lebih kita kenal dengan cara klik kiri untuk memilih tombol yang di inginkan dan menggesernya diarea gambar, seketika gambar sudah tersedia dan mirip dengan bentuk yang kita pilih.

Terima Kasih....
Semoga Bermanfaat... ^_^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar